Suroboyo Bus,Transportasi Masa Kini

Hey..gaes...lama tidak ngeblog ya... :)
setelah hiruk pikuk yang panjang bagaikan tenggelam di samudra,kali ini saya ingin membahas tentang kota saya tercinta yaitu SUROBOYO. apasih yang di banggain di kota ini..?  hhmmmm macem-macem lah ya., ada kulinernya,ada gedung-gedung bersejarah,histori rakyat surabaya,patung-patung bersejarah dan tentunya ada nama klub sepakbola yaitu Persebaya Surabaya Dengan basis suporternya yang bernama Bonek. namun kali ini saya tidak membahas tentang hal hal yang saya sebut di atas.
belakangan pemkot surabaya melakukan trobosan yang brilian dengan meluncurkan moda transportasi yang bernama SUROBOYO BUS, saya tidak tau kapan tepatnya suroboyo bus pertama kali di luncurkann ke publik... (heee.heee jarang update) namun pada saat peluncurannya pemkot surabaya menggratiskan tiketnya untuk umum... dan hal ini lah yang menarik perhatian saya untuk ingin mencoba gimana sih sensasinya naik suroboyo bus ini...

nah..singkat cerita nih ya.,saya dengan doi mencoba naik suroboyo bus dari rute halte deket TP situ ke site penurunan depan BG Juntion mall... lumayan lah untuk mengisi malam minggu ceria kita.. setelah menunggu akhirnya suroboyo bus itu telah datang,dan masuklah kita, namun sayang saking banyaknya yang antusias kami berdua tidak kebagian tempat duduk gaes, namun jangan khawatir, suroboyo bus tetep nyaman kok walau berdiri skalipun. perjalanan kali ini sangatlah singkat. hal ini semakin menambah rasa penasaran saya tentang bus satu ini. kami putuskan untuk naik lagi esok hari.

tepat esok hari di hari minggu yang cerah kami berdua sudah stay di depan lobby BG JUnction mall,. beberapa kali pandangan saya arahkan ke selatan untuk menengok apakah suroboyo bus sudah terlihat apa belum...,maklumlah sambil berteduh di mall :)
tidak sampai 10 menit akhirnya bus ber plat merah ini pun tiba.. oh ya.. karna ini bus ber plat nomor merah maka bus ini tidak di tarik biaya sepeserpun,meskipun promo numpak gratis telah berakhir kalian tetap bisa menikmati bus ini tanpa bayar duit,melainkan harus menukar tiket dengan botol plastik,tiket bisa di tukar denan botol plastik besar 1.5 liter sebanyak 5 buah,untuk yang tanggung 10 buah, untuk gelas plastik kemasan sebanyak 20 buah... hal ini juga merupakan kelebihan suroboyo bus loh.., selain kalian dapat mengurangi populasi sampah, kalian juga berperan aktif untuk program daur ulang sampah. botol-botol tersebut bisa kalian tukarkan di bank-bank sampah yang telah di tentukan.
kembali lagi ke scane saat naik di depan BG junction :)
kebetulan saat itu masih pagi,namun lagi-lagi suroboyo bus sudah penuh sesak oleh penumpang yang rata-rata emak-emak beserta anaknya... (kapan lagi naik bus keliling kota gratis)
kami berdua putuskan untuk turun di halte rajawali..,lumayan skalian ngadem lagi di JMP mall saat turun nanti :)



secara garis besar saya masih belum bisa meriview ini bus karna masih padat penumpang... singkatnya saat pulang kami bergegas ke stop bus rajawali untuk mengantri.. saat itu kami tak sendirian.. ada sekitar 5 orang emak-emak yang juga menunggu kedatangan si tayo ini.
bus pun muncul.,saya bergegas untuk naik dan alhamdulilah kebagian tempat duduk.. saya duduk berdampingan bareng doi di site depan.. namun saat pembagian tiket saya di tegur leh mbak-mbaknya yg bagiin tiket untuk pindah ke site belakang, rupanya site depan ini khusus untuk kaum wanita dan anak-anak.
setelah pindah kebelakang lagi-lagi saya berdiri :(
namun kali ini suasana di dalam bus agak longgar jadi bisa melihat detail setiap sudut bus ini.
di kaca ada tulisan bus ini di awasi cctv.. waooww... agak terkejut sih, setidaknya ada 12 cctv yang terpasang di dalamnya dan 3 cctv terpasang diluar. sebuah sistem safety untuk meminimalisir tindakan yang tidak di inginkan.
di depan tempat saya berdiri ada space agak longgar yang di khususkan untuk penyandang difabel,lansia dan ibu hamil. dari awal naik sudah menduganya, soalnya pintunya di desain sedemikian rupa untuk memudahkan penyandang difabel yang berkursi roda naik. ininalh yang saya demen di bus ini, manfaat lain dari bus ini juga menekan angka kecelakaan di sepanjang jalan kota

suroboyo bus inni dibawah naungan dishub kota surabaya ya gaes... jadinya gak perlu khawatir apabila anda mengalami hal yang tidak diinginkan seperti ketinggalan barang atau yang lain, kalian bisa langsung tanyakan saja di dishub kota surabaya yang sudah on air di sosial media seperti instagram @dishubsurabaya

BACA JUGA : EKSPEDISI SURABAYA PONTIANAK

dan itulah ceritaku setelah seharian keliling kota tercinta naik bus kebanggaan arek-arek suroboyo ini.
overall cukup memuaskan naik suroboyo bus ini.,selain adem tentunya sangat bersih sehingga nyaman ketika di dalam bus, jauh dari pandangan orang jika naik bus itu sumuk,sumpek,berdesakan belum lagi bau asap rokok sana-sini. di dalam suroboyo bus ini tidak boleh merokok ataupun membawa makanan ringan sekalipun sehingga bus ini tetap bersih nyaman dan adem tentunya.

sekian dulu ya gaes,. lain kali di sambung lagi dengan hal-hal menarik di kota surabaya tercinta ini..      SIYUUUU........

ini dia potret suroboro bus bareng doi


2 komentar:

Pages